Thursday, September 24, 2009

GETAR PADA MOTOR

dikutip dari www.motorplus-online.com (http://www.motorplus-online.com/articles.asp?id=6373)

Kaki, pantat, sampai telapak tangan kesemutan. Bukan karena ada gula, terus diserbu semut. Atau, karena peredaran darah terhambat. Tapi, pas ngegas tunggangan sampeyan terasa ada getaran alias vibrasi.

Dari gejala itu, bisa diraba masalah utama yang ada. Jangan main tebak-tebak buah manggis. Mending baca terus sampai abis. “Banyak kasus seperti itu berasal dari mesin,” jelas Paulus Suwandhi, Kepala Seksi Instruktur Teknik Roda Dua, PT Indomobil Suzuki International (ISI).

Vibrasi dari mesin bisa dicek saat kondisi idle atau langsam. Buka gas bertahap. Sepertiga, setengah putaran, dan langsung buka penuh. Seandainya masih terasa getaran saat suara mesin pelan-pelan turun, berarti memang dari mesin. “Penyebab utamanya kemungkinan besar kruk-as sudah nggak balance. Pas putaran tinggi posisinya bergeser,” terang Paulus yang berkantor di Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Ini penyebab utama. Sejak langsam sampai putaran atas motor gemetar. Tapi, bisa juga komponen lain. Kampas kopling habis. “Kampas sudah enggak nempel sempurna dengan pelat. Akibatnya putaran mesin nggak maksimal. Seperti dipaksa. Efeknya bikin getaran,” jelas Dwi Supriyatno, Service Engineer Technical Service Division, PT Wahana Makmur Sejati (WMS), main dealer Honda wilayah Jakarta-Tangerang.

Tapi, paling sederhana sih cek dulu pegangan mesin alias engine mounting, komstir, atau pemasangan rantai enggak sejajar. Kalau kendur, tinggal dikencangkan. “Seandainya masih getar, berarti memang sumbernya di mesin,” yakin Dwi yang berkantor di Gunung Sahari, Jakarta Pusat

SETING SPUYER

Kasus khusus nih. Bisa jadi dialami saat motor sampeyan dimodifikasi sedikit. Misal, ganti knalpot. Cuma ganti knalpot, tanpa setingulang spuyer. Motor kencang, tapi pas kecepatan tertentu mulai terasa getar. Terutama waktu jarum di atas 80 km/jam.

Diprediksi suplai bahan bakar kelewat miskin. Motor dipaksa bekerja, tapi tidak sesuai dengan pasokan bahan bakar. “Ini bisa terjadi di motor standar juga karena mengejar irit. Kalau mau enak, spuyer dinaikkan,” terang Paulus Suwandhi.


GANJAL PEGANGAN MESIN

Ini cara supaya mengurangi rasa getar. Banyak dipakai buat motor balap kelas standar. Termasuk juga diaplikasi motor modifikasi harian. Coba tengok lubang buat as pegangan mesin. Memang, beberapa tipe menggunakan karet peredam alias busing.


Tapi, enggak semua jenis motor memasang busing. Tinggal pas karet peredam deh. Seukuran lubang engine mounting. “Cukup dipasang di ujung kanan-kiri,” ujar Andri ‘Aming’ Aliwarga, builder Laksa Motor, Jakarta.

2 comments:

Phitias Dasa Putra said...

Sejak pake karet blok R* K***, motor saya jadi berkurang getarannya.

Karet blok memang mantaapp...!!!

Dapatkan hanya di toko2 sparepart motor, dan tidak akan pernah ada di jual di apotik, toko kaset ataupun di bioskop kesayangan anda.

Unknown said...

cara pasangnya di kawasaki athlete bagaimana? berkurang berapa persen getarannya? makasih suhu.